Apa itu Root Android, Fungsi Keuntungan Dan Kerugianya ?

Blog Tutorial Android Indonesia Membahas Tips Trick, Aplikasi, Games , Download Apk Gratis terbaru

4/14/2016

Apa itu Root Android, Fungsi Keuntungan Dan Kerugianya ?

Advertisement
Apa itu root ? Apa fungsi Root Android ? banyak orang bertanya mengenai android sebenernya apa sih itu Root Android ? apa sama dengan yang namanya Jailbreak ? hmm ? pembahasan yang menarik, mari kita bahas apa itu root serta keuntungan dan kerugian dari aktivitas root sebenarnya.

Apa itu Root Android, Fungsi Keuntungan Dan Kerugianya ?
Apa itu Root Android, Fungsi Keuntungan Dan Kerugianya ?

sebelum kita membahas root itu sendiri, sebenarnya pada tahun 2016 ini sebenarnya sudah banyak orang tahu bagaimana cara root tapi mereka tidak tahu fungsi sebenarnya dari root itu apa, Banyak Sekali efek dari root itu sendiri seperti hak akses untuk system, Vpn, Modding, Tweak, ROM, RAM dan masih banyak lainya, ada juga kerungian dari root itu seperti hilangnya garansi hp android kamu, dan banyak juga yang lainya. Untuk itu NyimakCuy akan membahas Apa itu root. 

Apakah Root Android itu Di perbolehkan/ Legal ?

Secara garis besar Android adalah System Operasi Berbasis Linux yaitu OpenSource maka boleh dibilang bahwa android boleh diRoot dengan akses SuperUser atau Akses Admintrasi yang sudah biasa digunakan oleh User Linux.

Apa itu Pengertian Root Android Pada Hp Android ?

Rooting yaitu jailbreaking yang dikhususkan untuk Android Yang  mengizinkan penggunanya untuk Mengakses System secara penuh. Pada dasarnya,Root akan mengizinkan Kamu untuk memodifikasi android . Dgn akses root Kamu dapat semua akses dan menghapus semua pembatasan itu sendiri, sehingga para DEV akan dapat lebih mudah mengembangkan Android Mereka. kamupun bisa menginstal lebih banyak applikasi bgaik dari Playstore maupun dari Non-Market, Bisa juga untuk mengatur kecepatan processor dengan Overclock agar android bisa lebih kencang, Tak hanya itu Kamu juga dapat mudah mengganti Firmware maupun CustomROM.

Lalu apa Keuntungan Dan Kerugian dari ROOT ? 

Kenapa Android Kamu Harus DiRoot? 

Alasan Yang Tepat Kenapa Android Kamu Harus di Root adalah Sebagai Berikut ini :
  1. Akses sesuka hati yang tidak terbatas terhadap system operasi Android kamu yang kita sebut dgn hak akses 'root' dengan leluasa modifikasi android sesuai keinginan sepeerti halnya Pengembang Profesional.
  2. Kontrol penuh dari CPU & kernel maka kamu bisa secara leluasa Overclock procesor pada Gadget Android kamu sehingga kinerja hp jadi lebih maksimal dengan overclock android kamu juga tidak akan ada yang namanya LAG lagi
  3. Bisa Menghapus applikasi bloatware yang dibawa oleh android dari vendor seperti samsung yang ditanamkan pada produk mereka, kamu bisa menghapus aplikasi yang bisa dibilang sampah atau tidak berguna itu, sehingga tidak menganggu kamu guys, kamu juga bisa menambahkan aplikasi favorit di system hop kamu.
  4. Bisa modif tampilan android kamu lebih indah sesuka hati, bahkan meningkatkan versi android yang lebih tinggi lagi, kamu juga bisa mengembangkan android dan berlatih menjadi seorang pengembang yang profesional,
  5. Control secara penuh, seperti backup seting data dan system kamu, dan juga restore/pemulihan system, dengan adanya control secara penuh ini maka pengguna tidak perlu repot lagi untuk mendownload system aplikasi maupun data.

Kenapa Root ANDROID Tidak Di Anjurkan/Diperbolehkan? 

Pada dasarnya ada tiga perkara yang harus kamu pikir sebelum me-Root HP Android Kamu :
  1. Membatalkan garansi Kamu :Berbagai Vendor pembuat android memakai aturan bahwa rooting akan membatalkan garasi resmi mereka. Ini berati bahwa kamu harus tahu bagaimana cara unroot. Apabila Android kamu sudah diroot dan ada masalah pada android kamu untuk diperbaiki, cobalah flash ROM/frimware cadangan (backup) original Kamu yang telah dibuat dibuat sehingga kamu bisa claim garansi kamu lagi.
  2. Hati Hati Jangan sampai Bricking Android Kamu ,Setiap kamu mengedit/memodif kamu harus siap-siap jika android gagal modif maka mati total karena ketidak tahuan kamu saat memodif androidmu, Cara yang paling aman adalah dengan membackup Firmware ORI kamu. Setiap flash ROM juga kamu harus sesuain dengan tutorial jangan sampai salah. Bila Kamu sudah benar melalkukan flash sesuai tuturial bisa di pastikan tidak akan brick.
Rooting di Android memang sangat menyenangkan dimana kamu bisa menambah hobi atau ilmu tentang systen operasi opensource, namun disamping semua itu pasti akan ada resiko yang ditimbulkan, untuk itu kamu harus memikirkan lagi untuk root android kamu, untuk semua keuntungan dan kerugian semua adlah tanggungan pengguna dan tidak ada hubungan antara vendor dengan rooting, untuk itu pikir lagi sebelum kamu me-root hp android kamu. lalu bagaimana cara root untuk semua android ? bagaimana jika gagal root? tips lainya akan dibahas di nyimak cuy jangan sampai ketinggalan,
Terimakasih Sudah Berkunjung. :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Apa itu Root Android, Fungsi Keuntungan Dan Kerugianya ?

1 komentar:

  1. Aku blom berani root hp ku sebab masih ada garansinya.. Tkt pas di root gk hidup dan garansi hilang...

    BalasHapus

Setiap komentar sangat dihargai, namun karena keterbatasan waktu tidak dapat online setiap saat untuk me-reply komentar setiap orang. Komentar Spam (link aktif, o*at, p*rn*, j*di, dan sejenisnya) akan dimoderasi. Terima kasih atas perhatiannya dan Berkunjung kembali :)