Cara Mengatasi Google Play Store Bermasalah Error

Blog Tutorial Android Indonesia Membahas Tips Trick, Aplikasi, Games , Download Apk Gratis terbaru

5/09/2016

Cara Mengatasi Google Play Store Bermasalah Error

Advertisement
Cara Mengatasi Google Play Store Bermasalah Error - Kita semua pernah mengalami Google Play Store bermasalah. banyak masalah seperti pesan kesalahan saat men-download aplikasi, atau Play Store tidak tidak bisa dibuka, proses loading terus menerus, tidak ada jaringan dan masih banyak lagi.  Google Play Store Bermasalah sebenarnya sangat mudah loh untuk diperbaiki, yuk simak tips dibawah ini.
Cara Mengatasi Google Play Store Error
Cara Mengatasi Google Play Store Error

Google Play Store merupakan Aplikasi Toko yang sangat penting untuk android, Play Store sebagai gudang dan toko dari android itu sendiri, namun jika PlayStore Error apa yang harus kita lakukan?
Jika Anda mengalami Google Play Store Bermasalah , NyimakCuy memiliki solusi yang bisa kamu coba.

Cara Mudah Mengatasi Google Play yang Bermasalah/Error :
1. Hapus Cache Google Play 
Dalam kebanyakan kasus, Ternyata  Google Play Store Bermasalah bisa di fix/ atasi dengan hanya mengosongkan cache. cache adalah tempat penyimpanan sementara untuk menyimpan data sehingga dapat cepat diambil dan tanpa perlu dimuat ulang.
Cara Untuk mengosongkan cache:

  • Buka Pengaturan> Aplikasi, Semua Aplikasi > Google Play Store maka anda akan menemukan menu Clear Cache, tunggu hingga selesai


2. Bersihkan Data Play Store Anda
Menghapus data Anda dari Play Store ini mirip dengan Cara No.1 . Cara ini untuk membuat aplikasi kembali ke semula dan menghilangkan informasi yang tersimpan, biasanya cara ini dapat memperbaiki Google Play Store Bermasalah . Caranya hampir sama kaya clear cache yaitu :

  • Masuk ke Settings> Apps> Google Play Store, Pilih Clear data (disebelah clear cache)

Semoga Play Store anda sudah fix, jika belum bisa mari ikuti langkah selanjutnya.

3. Uninstall Play Store
Kadang-kadang melakukan Update Play Store akan terjadi error yang tidak terduga. Jadi jika masalah terjadi setelah update, ikuti cara dibawah ini.

  • Buka Pengaturan> Aplikasi> Google Play Store, kemudian tekan tombol Uninstall updates.

Cara ini akan membuat  Google Play Store Bermasalah anda kembali ke versi asli (seperti saat anda pertama beli android),
Berikutnya, Anda perlu untuk menginstal kembali Google Play Store versi baru, untuk menginstalnya anda perlu mendownload terlebih dahulu, untuk itu cari Google Play Store di Google.

4. Hapus data dan cache Google Play Services
Jika Google Play Store adalah jantung dari perangkat Android, maka Google Play Serice adalah jiwanya. Google play service memiliki proses latar belakang tak terlihat yang memungkinkan aplikasi untuk berkomunikasi dengan bagian-bagian setiap aplikasinya, biasnya untuk melakukan sinkronisasi, mengirimkan pemberitahuan dan sebagainya.
Dan kemungkinan bahwa masalah Play Store bisa berasal dari Google Play Service. Untuk mengatasinya ikuti dibawah ini:

  • Buka Pengaturan> Aplikasi> Google Play Service kemudian tekan tombol Clear Cache. Jika masih gagal ulangi langkah ini dan Clear data.

5. Instal versi terbaru dari Google Play Services
Jika cara diatas masih tidak bisa cobalah untuk mengikuti cara ini yaitu instal Google Play Service Terbaru, Versi terbaru agar stabil sehingga berguna untuk membantu Google Play Store yang Bermasalah.

6. Hapus Akun Google Anda
Jika aplikasi Google Play Store  masih tidak bisa, maka Anda mungkin perlu untuk mesinkron/menyegarkan/refresh akun Google Anda di perangkat Android. Untuk melakukan hal ini anda perlu untuk menghapus dan menambah kembali akun google di perangkat anda.

  • Buka Setelan> Akun lalu pilih Google.
  • Pilih akun Google yang ingin Anda hapus, kemudian tekan ikon menu di bagian kanan atas dan tekan Hapus. Ulangi langkah ini untuk menghapus setiap akun Google pada perangkat Anda.
  • Selanjutnya, untuk menambah akun pergi ke Settings> Account> Add Account> Google dan ikuti langkah-langkah yang ada di layar untuk menambahkan kembali akun Anda.

7. Aktifkan Download Manager
Ada kemungkinan bahwa  Google Play Store akan berhenti  bekerja/error jika download manager Anda dinonaktifkan. Jika hal ini terjadi, solusinya sangat mudah untuk mengaktifkan kembali :

  • Buka Setelan> Aplikasi> Semua> Download Manager.

Jika Download Manager dinonaktifkan, Anda akan melihat tombol Aktifkan. Cukup tekan tombol ini untuk mengaktifkan kembali Download Manager anda. begitu juga sebaliknya.

8. Lakukan Factory reset pada Android anda
Jika Anda masih menghadapi masalah setelah mencoba semua hal di atas, maka cara ini agak tidak dianjurkan yaitu melakukan factory reset pada android anda. cara memiliki efek bahwa semua data Anda akan hilang, sehingga anda perlu melakukan backup lengkap terlebih dahulu. Untuk melakukan hal ini silahkan coba pada posting sebelumya Cara Reset Ulang Atau Factory Reset Android Ke Setelan Pabrik.

9. Untuk pengguna ROOT: Edit file host
Jika Play Store bermasalah dan hanya muter-muter saja dan anda sudah me-Root perangkat anda, bisa mengikuti cara dibawah ini :

  • Buka file manager (Kami Merkomendasikan Root Ekplorer), lalu masuk ke sistem / etc / hosts dan pilih dengan edit via txt.
  • Kemudian tambahkan hashtag (#) seperti contohnya yaitu dari 127.0.0.1 ke # 127.0.0.1. Kemudian save perubahan yang sudah diubah tadi, Reboot perangkat Anda, kembali menambahkan akun Google Anda dan seharusnya Google Play masalahnya sudah selesai.
Bagi android kamu yang belum diroot kamu bisa mencoba langkah pada post sebelumnya
Baca Juga :  
Cara Root Semua Android Tanpa PC
Cara Unroot Smartphone Tanpa PC Dengan Mudah 

Semoga cara ini berhasil untuk mengatasi Google Play Store bermasalah, jika ada yang kurang silahkan tinggalkan komentar anda dibawah semoga bermanfaat bagi anda, Terimaksih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengatasi Google Play Store Bermasalah Error

1 komentar:

Setiap komentar sangat dihargai, namun karena keterbatasan waktu tidak dapat online setiap saat untuk me-reply komentar setiap orang. Komentar Spam (link aktif, o*at, p*rn*, j*di, dan sejenisnya) akan dimoderasi. Terima kasih atas perhatiannya dan Berkunjung kembali :)